Manfaat Susu | Sumber Nutrisi Bagi Tubuh Manusia

manfaat susuSusu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (dalam hal ini susu sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan masih banyak lagi ragam produk olahan dari susu sapi.

Susu memliki banyak fungsi dan manfaat, untuk usia produktif dapat membantu pertumbuhan mereka, sedangkan kegunaan susu bagi manusia usia lanjut dapat menopang tulang agar tidak keropos atau ostereoposis. Secara alami susu mengandung nutrisi penting seperti bermacam-macam vitamin, protein kalsium, magnesium, fosfor dan zinc, pendapat lain mengatakan bahwa susu mengandung mineral dan lemak.

Oleh karena itu setiap orang diajurkan untuk minum atau mengkonsumsi susu dengan tujuan agar asupan gizi bagi tubuh dapat tercukupi. Sekarang banyak sekali susu dikemas dalam bentuk yang unik dengan tujuan agar orang mau mengkonsumsi susu secara rutin terutama bagi seseorang yang alergi terhadap susu sapi.

Selain uraian tentang susu dan kegunaannya diatas, susu adalah sumber nutrisi alami yang paling kaya akan vitamin dan gizi. Berbagai kandungan yang ada pada susu membantu pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan serta perlindungan bagi tubuh kita. adapun nutrisi yang terkandung jumlah besar pada susu antara lain, protein, laktosa, kalsium, magnesium, vitamin B dan vitamin D.

Nutrisi yang terkandung didalam susu mudah dicerna oleh tubuh, sehingga 2 atau  tiga porsi (gelas) setiap harinya cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia. Kalsium yang terkandung didalam susu juga memiliki peran penting selain bagi tulang (meningkatkan kepadatan tulang) dan gigi serta membantu mengedalikan berat badan dan susu juga berfungsi meningkatkan performa otak bagi manusia.


shareSeriale Online Subtitrate

0 Response to "Manfaat Susu | Sumber Nutrisi Bagi Tubuh Manusia"

Posting Komentar